Jumat, 23 Maret 2012

Prospek Industri Logam Cor

Kecamatan Ceper terletak sekitar 10 km arah utara Klaten sepanjang jalan raya Klaten - Solo. Kecamatan Ceper terdiri dari 18 Kelurahan/Desa. Sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Ngawen, Kecamatan Karanganom. Sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Trucuk dan Kecamatan Klaten Utara. Sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Pedan. Sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Delanggu.
Luas wilayah kecamatan Ceper 24,45 kilometer persegi. Dengan jumlah penduduk 57.621 jiwa dengan kepadatan rata-rata 2.357 jiwa per kilometer persegi. Mayoritas penduduk masih mengandalkan pertanian sebagai mata pencaharian.

Koperasi Produksi Usaha dan Permesinan ( KPUP) Batur Jaya Ceper

Koperasi ini beranggotakan 217 perusahaan pengecoran logam baik yang berskala kecil, menengah dan besar. Secara keseluruhan terdapat 273 perusahaan pengecoran logam akan tetapi hanya 75 persen yang masuk menjadi anggota Koperasi KPUP Batur Jaya Ceper ini. Sebenarnya syarat menjadi anggota Koperasi ini sangat mudah hanya ijin dan memiliki Nomor Pengusaha Wajib Pajak (NPWP) dan membayar iuran wajib anggota. Keberadaan koperasi ini memberikan kontribusi yang besar bagi kelangsungan produksi perusahaan mengingat koperasi ini sering mengadakan pelatihan-pelatihan dan memyediakan laboratorium untuk pengecekan bahan baku sebelum digunakan untuk produksi. Namun belakangan peran koperasi semakin terpinggirkan karena adanya ketidak percayaan diantara anggota dan persaingan usaha yang tidak sehat di antara anggota koperasi sendiri.
Kondisi industri pengecoran logam di Ceper akhir-akhir ini mengalami penurunan aktivitas produksi tepatnya sejak tahun 1995 dan mencapai puncaknya pada krisis ekonomi tahun 1998.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar